Roti unyil

25 06 2008

Pengen banget bisa bikin roti, tapi miksernya nggak cukup kuat buat bikin roti. TApi modal nekat… akhirnya bisa juga bikin roti. Cukup, roti unyil aja. Resep dasarnya diambil dari blognya mas budi (budi boga.blogspot.com)

Bahan:

  • 375 gr terigu protein tinggi
  • 100 gr terigu protein sedang
  • 130 gr gula pasir
  • 3 kuning telur
  • 100 gr mentega
  • 275 ml air es
  • 30 gr susu bubuk (aku pake 1 sachet dancow)
  • 11 gr ragi instan
  • 1 sdt bread improver
  • 1 sdt garam halus

Cara membuat:

  • Campur semua bahan kering, aduk rata. Masukkkan kuning telur dan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukan mentega. uleni lagi samapi adonan licin dan lembut
  • Diamkan selama 45 menit/ mengembang 2 kali lipat (aku simpan di oven kosong) timbang sesuai kebutuhan
  • Setelah dipotong-potong, Kembangkan lagi selama 30 menit. kempeskan adonan, siap dibentuk seperti yang diinginkan
  • oles atasnya dengan bahan olesan (kuning telur tambah susu evaporasi).
  • Oven dalam oven bersuhu 180 derajat Celcius selama kurleb 10 menit pake api atas bawah,

 

Iklan

Aksi

Information

2 responses

16 12 2008
killbill1

susu evaporasi itu jenisnya gimana? artinya apa,mbak?

21 12 2008
mamayo

susu evaporasi itu susu yang sudah dikurangi kandungan airnya dengan cara diuapkan. Kalo nggak salah begitu yang pernah saya baca. Kalo mau beli, di toko bahan kue banyak kok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: