Bolu gulung

7 05 2008

Bolu gulung ini aku dapat resep awalnya ibu rina (di dapurnyarina.blog.com) Satu-satunya bolgul yang kuning telurnya nggak kebanyakan. Tapi karena loyang yang kupake tipis banget, dan satu-satunya loyang panjang yang  muat di oven listrik di rumah jadinya aku pake resep yang diubah sendiri.

Bolgul ala Mamayo

Bahan: 

  • 2 kuning telur
  • 2 telur utuh
  • 3 sdm munjung gula pasir
  • 2 sdm tepung terigu, 1/2 sdm maizena, 1 sdm susu bubuk, 1/4 sdm vanila, 1/4 sdm baking powder (campur ayak)
  • 1 sdt emulsifier
  • 1 sdm susu cair
  •  50 gr margarin cairkan

Cara buat:

Panaskan oven suhu kurleb 170 derajat C, siapkan loyang yang telah dialasi kertas roti. Kocok gula telur dan emulsifier sampe berjejak dan kental. Masukkan campuran tepung dan aduk rata. Masukkan margarin dan susu cair. Tuang adonan dalam loyang, oven 15 menit (langsung api atasnya nyala). Kalo udah bunyi ting, angkat balik di serbet bersih. Gulung panas-panas. lepas lagi. tunggu sampai dingin, oles pake buttercream. Hias atasnya sesuai selera.

Kue ini yang paling sering aku bikin. Karena nggak perlu nimbang bahan dan cepet ngovennya.

           

 

 

Iklan

Aksi

Information

5 responses

27 12 2009
eka

1 sdt emulsifer itu apa ?

28 12 2009
mamayo

coba nerangin ya mbak(diambil dari beberapa sumber)….emulsifier itu mbak pengemulsi dan penstabil adonan yang bisa nyampurin air yang terdapat pada telur dengan minyak/mentega cair. Emulsifier sekarang fungsinya juga untuk membuat kue teksturnya lebih halus. Kalo di toko namanya SP, ovalet, TBM, atau sponge 88. Kalo nggak mau pake, ganti saja putih telur dengan kuning telur (kuning telur adalah emulsifier alami)

27 12 2009
eka

1 sdt emulsifer itu apa?

28 02 2013
loucy

mba bagi resep kue kering yang unik” dong..beli juga bole ko..

24 05 2013
tika

aku dah nyobain resepnya mbak,makasih banget ya…..bermanfaat sekali ilmunya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: