kuker lebaran

3 10 2008

Setelah beberapatahun saya nggak pernah bikin kue kering untuk lebaran, akhirnya tahun ini saya berhasil membuat semuanya sendiri hehe……

Inilah manfaat yang bener-benar saya dapatkan setelah ikutan milis NCC. Pokoknya makasih deh NCC. Kue kering yang berhasil  antara lain nastar, cookies stroberi, sagu keju, lidah kucing, yang semua resepnya bisa dilihat di sini cari aja ditiap halamannya. Pasti akan ketemu resep-resep yang uenak tenan, dan langsung pengen nyoba bikin

tapi foto lidah kucing dan sagu kejunya belum ada. menyusul ya. Yang kokokrunch coklat ama jari coklat itu resep ngarang pokoknya jadi. tapi yang pasti, enak lah….





Sponge cake pandan keju

8 09 2008

 kue ini dibuat karena ada acara pengajian ibu-ibu di rumah. Bingung mau nyumbang apa ama nik, bikin aja cake potong ini. Cakenya spongecake biasa. Cuma atasnya dioles krim dan diberi taburan keju parut. Potong-potong seperti biasa, taruh di cup kertas dan Sajikan di piring. Satu resepnya itu bisa jadi 25 potong sedang, atau 16 potong besar (klo mau ditaruh di mika plastik). Kue ini lumayan ngirit kalo kejunya diganti aja pake mesis coklat dan cake pandannya diganti  cake coklat.





Puding Roti Keju kraft

26 06 2008

Ini dibuat atas permintaan kakak yang pengen banget puding roti kaya iklan chef barra di TV. Resepnya dapet pas beli keju kraft di Giant supermarket. Rasanya sih enak. tapi ternyata campuran susu dan telurnya tidak cukup untuk nyiram rotinya.

Bahan:

  • 2 lbr roti tawar cacah kasar
  • 75ml susu tawar
  • 1 btr telur
  • 2 sdt gula palem/pasir
  • 2 sdt kacang/meises
  • 50 gr keju kraf potong dadu

Caranya: Kocok susu dan telur, Campur roti dengan gula pasir, keju kraf, kacang/meises, kemudian tuang kocokan susu dan telur. Kukus selama 15-20 menit hingga matang

 





Roti unyil

25 06 2008

Pengen banget bisa bikin roti, tapi miksernya nggak cukup kuat buat bikin roti. TApi modal nekat… akhirnya bisa juga bikin roti. Cukup, roti unyil aja. Resep dasarnya diambil dari blognya mas budi (budi boga.blogspot.com)

Bahan:

  • 375 gr terigu protein tinggi
  • 100 gr terigu protein sedang
  • 130 gr gula pasir
  • 3 kuning telur
  • 100 gr mentega
  • 275 ml air es
  • 30 gr susu bubuk (aku pake 1 sachet dancow)
  • 11 gr ragi instan
  • 1 sdt bread improver
  • 1 sdt garam halus

Cara membuat:

  • Campur semua bahan kering, aduk rata. Masukkkan kuning telur dan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. Masukan mentega. uleni lagi samapi adonan licin dan lembut
  • Diamkan selama 45 menit/ mengembang 2 kali lipat (aku simpan di oven kosong) timbang sesuai kebutuhan
  • Setelah dipotong-potong, Kembangkan lagi selama 30 menit. kempeskan adonan, siap dibentuk seperti yang diinginkan
  • oles atasnya dengan bahan olesan (kuning telur tambah susu evaporasi).
  • Oven dalam oven bersuhu 180 derajat Celcius selama kurleb 10 menit pake api atas bawah,

 





donat mamayo

13 06 2008

Pas cari-cari resep, katanya sih donat ini empuk banget. Karena penasaran akhirnya dicoba juga. Emang sih empuk dan enak banget. Tapi karena nggak pake bread improver, jadi mungkin tidak seempuk yang dibilang ama yang kucontoh resepnya. Tapi udah puas kok. karena rasanya lebih empuk dari pada donat yang dijual di pasar hehe…

Lain kali, harus bikin dengan resep yang lengkap, biar lebih empuk lagi.

tapi sekarang, lebih seneng pake resep cemplang cemplung sendiri… resepnya di sini ya http://mamayo.wordpress.com/2009/02/04/donat-week-ncc/





martabak manis mini

12 06 2008

 Bekal sekolah baru lagi buat kakak. Dasarnya memang suka martabak manis, jadi dibikinin yang mini ya seneng sekali. Resepnya tapi nggak pake ragi instan ama soda kue. cukup baking powder aja.

Bahan:

  • 200 gr tepung terigu segitiga
  • 5 sdm gula pasir
  • 1 sdm baking powder
  • 200 cc air
  • 1 btr telur

isian: keju parut, susu kental manis, mesis dan kacang.

Caranya: campur semua bahan, tambahkan air, aduk rata. Cetak dalam cetakan pan cake. apinya jangan terlalu besar. jadinya masih bisa berserat tapi nggak gosong.





sponge cake pandan

31 05 2008

sponge cake pandan ini kesenangan adik. Sebenernya sih, adik suka sama kue yang warnanya ijo atau wangi pandan. Untuk keluarga kecil seperti aku, bikinnya nggak pernah banyak. Cukup 1/2 resep aja. Dan udah kumodifikasi agar lebih lembut kaya spons dan nggak terlalu padat seperti resep aslinya.

Bahannya:

  • 4 bh telur
  • 100 gr gula pasir
  • 1/2 sdt emulsifier
  • 80 gr tepung terigu
  • 50 gr margarin lelehkan
  • 1 sdt pasta pandan

Caranya: kocok telur hingga mengembang, masukkan emulsifier kocok lagi sampai berjejak dan kental. Masukkan tepung terigu sambil diaduk dengan rata dan masukkan juga margarin cair dan pasta pandan, aduk lagi sampai rata . Oven dengan suhu 170 derajat sampai matang.

Ngocok 4 telur aja lumayan pegel tangan. Apalagi kalau buat satu resep yang telurnya ada delapan. Kapan kentalnya hehe…





Crepes mamayo..

25 05 2008

Buat bekal sekolah kakak sebenernya gampang-gampang susah. Roti panggang, ager, bahkan nasi diapun mau. Kali ini yang dibikin crepes….(ini adalah bekal favorit hehe..)

Bahannya

  • terigu (sampe kekentalan yang dibutuhkan)
  • 250 ml susu segar cair (aku pake ultra putih)
  • 3 sdm margarin (dilelehkan)
  • 2 btr putih telur (kocok kaku)
  • 2 sdm gula pasir
  • sedikit garam

Caranya:  campur semua bahan kering, masukkan susu cair sedikit demi sedikit. Aduk rata. Kemudian masukkan putih telur kaku. Aduk rata. Simpan dalam wadah tertutup di kulkas. Setelah 30 menit, siapkan wajan anti lengket. ratakan adonan. Setengah kering, beri taburan isinya (bisa keju parut, coklat, kacang, atau burger, sosis iris dan sayuran). Lipat segitiga. Siap disajikan.

Kalau aku, nyiapin adonannya sore. Pagi-pagi tinggal dimasak. Kalo nggak punya putih telur, tetep bisa buat panekuk. Tinggal siram pake kinca (sirup gula jawa). Wah, serasa makan di puncak pas hehe….





Cake potong

14 05 2008

Cake potong ini biasanya sering aku buat untuk acara pengajian mama, musholla, atau ibu-ibu tetangga yang lagi punya hajat. Karena belum berani berbisnis, jadinya kuenya untuk konsumsi sendiri, atau hantaran aja.

Sebenarnya cakenya sih cake biasa, bisa spongecake, atau pun resep cake andalan keluarga. Hiasannya juga terserah bisa butter cream, keju, ataupun coklat serut

buat Syfa nih resepnya:

Cake potongnya:

4 btr kuning telur

2 btr telur utuh

100 gr gula pasir

100 gr tepung terigu

1 sdm maizena

1 sdm susu bubuk

1 sdt emulsifier

1 sdm susu kental manis

100 gr margarine/salted butter

untuk coklat tambahkan 1 sdt pasta black forest

caranya: cairkan margarine, campurkan dengan susu kental manis, dan pasta coklat (kalo pengen coklat) sisihkan

kocok telur dan gula sampai setengah berbusa masukkan emulsifier, kocok kembali sampai kental dan berwarna putih. Masukkan terigu, dan aduk  dengan spatulla, masukkan campuran margarin, susu dan pasta coklat, aduk rata. Tuang dalam loyang ukuran 22×22 cm, panggang dalam oven, kalo saya pake oven listrik 170 derajat selama 20 menit pake api bawah trus lanjutin kurleb 10 menit lagi pake api atas dan bawah.

selamat mencoba………………..





Bolu gulung

7 05 2008

Bolu gulung ini aku dapat resep awalnya ibu rina (di dapurnyarina.blog.com) Satu-satunya bolgul yang kuning telurnya nggak kebanyakan. Tapi karena loyang yang kupake tipis banget, dan satu-satunya loyang panjang yang  muat di oven listrik di rumah jadinya aku pake resep yang diubah sendiri.

Bolgul ala Mamayo

Bahan: 

  • 2 kuning telur
  • 2 telur utuh
  • 3 sdm munjung gula pasir
  • 2 sdm tepung terigu, 1/2 sdm maizena, 1 sdm susu bubuk, 1/4 sdm vanila, 1/4 sdm baking powder (campur ayak)
  • 1 sdt emulsifier
  • 1 sdm susu cair
  •  50 gr margarin cairkan

Cara buat:

Panaskan oven suhu kurleb 170 derajat C, siapkan loyang yang telah dialasi kertas roti. Kocok gula telur dan emulsifier sampe berjejak dan kental. Masukkan campuran tepung dan aduk rata. Masukkan margarin dan susu cair. Tuang adonan dalam loyang, oven 15 menit (langsung api atasnya nyala). Kalo udah bunyi ting, angkat balik di serbet bersih. Gulung panas-panas. lepas lagi. tunggu sampai dingin, oles pake buttercream. Hias atasnya sesuai selera.

Kue ini yang paling sering aku bikin. Karena nggak perlu nimbang bahan dan cepet ngovennya.

           

 

 








Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.340 pengikut lainnya.