martabak manis mini

12 06 2008

 Bekal sekolah baru lagi buat kakak. Dasarnya memang suka martabak manis, jadi dibikinin yang mini ya seneng sekali. Resepnya tapi nggak pake ragi instan ama soda kue. cukup baking powder aja.

Bahan:

  • 200 gr tepung terigu segitiga
  • 5 sdm gula pasir
  • 1 sdm baking powder
  • 200 cc air
  • 1 btr telur

isian: keju parut, susu kental manis, mesis dan kacang.

Caranya: campur semua bahan, tambahkan air, aduk rata. Cetak dalam cetakan pan cake. apinya jangan terlalu besar. jadinya masih bisa berserat tapi nggak gosong.

About these ads

Aksi

Information

51 responses

3 08 2009
Susy Hasan

Mbak, pamit catet resepnya ya, mo coba besok buat bekal sekolah anak2, kebetulan kmaren beli loyang martabak mini di Mayestik, mudah2an sukses ya. Kemaren udah coba bikin martabak mini pake adonan pancakes instand Haan, hasilnya? kekentelan, trus gosong, trus ketebelan, trus kurang manis hihihihi .. besok mo coba resep Mbak :) Makasih

3 08 2009
mamayo

salam kenal mbak…pake aja mbak…hehe…..anakku juga seneng ama martabak mini ini

19 10 2009
diah

mbak, klo adonan martabak mininya tdk langsung hbs boleh dimasukin kulkas gak…

20 10 2009
mamayo

wah… bingung nih jawabnya hehehe…..karena saya sih selalu habis… belum pernah coba disimpen di kulkas hehehe….

4 11 2009
irana

beli cetakan martabak manis mini dimana?

19 11 2009
mamayo

saya pakenya cetakan pancake yang kalo nggak salah isi 8… itu juga ikutan arisan hehe……

12 12 2009
widodo

apakah hanya dgn bakingpowder bisa mengembang pengalamn saya jk tdk pakai soda kue tdk mengembang apakah bener gitu..tolong dong kasi info

13 12 2009
mamayo

hehehe…. baking powder kan juga pengembang mas, tapi kalo soda cuma sodium bikarbonat (sidatnya basa) yang kalo nggak ketemu asam, dia akan berasa pahit. jadi sebetulnya cocok buat cake yang mengandung buah, kalo baking powder isinya sodium bikarbonat plus sodium acid pyrophospate (udah netral, nggak bersifat asam atau basa) dan rasanya nggak pahit. tapi udah lumayan kok… hasilnya sudah bolong-bolong dan berserat… Saya juga pakenya loyang pancake.. jadi beneran mini hasilnya

2 05 2011
TIKA

resep ini sangat berhasil saya sudah mencoba nya .. dan rasa nya wenak sekali lebih enak dari yang di jual jual……. he .. tapi baking powder nya saya lebihin haha…

3 05 2011
mamayo

hihihi. thanks…

1 02 2010
Ummu Tsabit

ikutan nyoba ya, bu. tengku..

2 02 2010
jimbrut

salam kenal bu mamayo.
bu sayang banget foto martabaknay ga kelihatan berserat/bolong2 gitu. tapi keliatannya uenak bgt :). klo pake teflon ukuran 10 cm, jadinya berapa buah yah?. mksh resepnya saya coba deh.

3 02 2010
mamayo

salam kenal juga…. kalo diharapin bolong-bolongnya seperti martabak manis yang resepnya ruwet (martabak manis beli hehehe)yang nggak terlalu seperti itu. Tapi sudah lumayan kalo buat konsumsi sendiri hehehe… apalagi butuh waktu kilat nyiapinnya… Yang jelas, emang enak… apalagi pas finishing touchnya dikasih olesan butter… mmmm makin enak deh….

7 02 2010
siti

kbetulan bgt nich sy lg nyari resep martabak manis.. dr resep2 yg sy temukan emang kebanyakan pk bhn2 ragi instan, soda kue ato ngga vanili. emang bhn2 tsb fungsinya bwt apa sich mbak? apa kalo ga pk salah satu g mempengaruhi citarasanya? tlg djwb mbak. btw makasih ya resepnya..lam kenal..

7 03 2010
Fanti Yulia Mardianti

Salam kenal ya Bu..
saya doyan banget sama martabak, apalagi makannya malem2 pas musim hujan begini, panas2 gurih maknyuss gitu..
tp kalo lg males keluar n lg gak ada budget beli, suka nyoba2 bikin sendiri. Masalahnya, gagal melulu..
Cari2 resep, eh..nemu ini. Pengen nyoba, keliatan dari fotonya tuh enak n praktis..tx ya sebelumnya…

15 03 2010
mamayo

salam kenal juga…….. monggo dicoba hehehe………

1 11 2010
isti

mb baking powdernya apa gak kebanyakan? krn setauku kalo kebanyakan jd agak pahit, kalo org jw blg agak pengar rasanya. thx

1 11 2010
mamayo

insyaAllah kalo baking powder nggak bikin pahit. kalo yang bikin pahit itu soda… soalnya aku coba nggak papa alhamdulillah

25 03 2010
helma

kalo pake loyang biasa atau teflon bisa ga????

25 03 2010
mamayo

bisa aja… tapi jangan yang terlalu besar ya… tapi mungkin kering bawahnya beda kalo pake teflon biasa

3 04 2010
bayu

ikutan bu….???oh iya telornya utuh apa yg dipake cman kuningya donk…mksh?saya tngu jawabanya

4 04 2010
mamayo

nggak… putihnya sekalian kok…..

5 04 2010
mugiharti

saya beli martabak manis mini,saya lht adonannya sptnya dikasih ragi instan.terasa sekali bau aromanya dan lbh kenyal dan gurih,sampai 1 hari mash empuk,dan tekstur (serat-seratnya bagus),mhn bs beri resep yg lebih sempurna yg sy maksud td,terima kasih

6 04 2010
mamayo

wah.. kalo saya bikinnya yang versi kilat, sekali bikin abis, soalnya kan buat bekal sekolah biasanya. kalo yang model jualan, saya belum pernah coba.. nanti kalo saya sudah coba, saya akan share resepnya ya.

24 04 2010
Abdil

Enaknya………… :D

10 06 2010
lia

mba adonannya di mixer gak? kebetulan aku juga punya food maker yg bentuknya bulat kayak bola> punyar resep praktisnya gak buat bekal skolah anakku. trims yaaaa………..

12 06 2010
dwi

mba q udah nyoba pke BP, soda pi g bolong2 hsile y???itu knp??truz mixere brapa lam???

15 06 2010
MAYA

wah boleh nih coba di weekend hehehe

15 06 2010
mamayo

bolehh… tapi ini versi paling sederhana ya mbak.. jadi hasilnya ya sesederhana cara dan bahannya hihihi………..

22 07 2010
kiki

uenak bgt mba bgi yg blm mesti coba ……

23 07 2010
mamayo

maksih ya……….

19 10 2010
coema koest

ikutan nanya dong ….mohon d jawab yach…!! itu resep nga pakai margarin ya bu….aku udah nyoba resep di atas ko nga bolong- bolong kenapa ya..?? aku pakai cetakan teflon isi 7 yg bisa bolak balik

19 10 2010
mamayo

sudah diistirahatkan sebentar nggak adonannya? kalo jumlah baking powdernya sesuai harusnya bisa, tapi ya jangan diharap bolong-bolongnya kaya martabak beli hehehe…, coba ganti pake double acting baking powder.

19 11 2010
garasi martabak mini

ditambahin ragi instant sebelum didiamkan slma 1/2 jam hasilnya akan lbh maksimal loh bu… lebih ngembang &kenyal… pake aja 1/2 sdt utk adonan diatas… trs dikocoknya ampe lembut bgt kira2 15 menitan…

19 11 2010
mamayo

thanks infonya.. berguna banget buat semua yang suka martamin nih… hehehe

5 12 2010
iwan

assalamualaikum, terima kasih atas resepnya dan akan saya coba

23 01 2011
maia

mbak mav sya pgn bljar ne,,gma ia crana yar yang pinggir” tu renyah krispi gt..soale sya pnah liad dua org beda buatna hasilna kq yg satu pinggiri krispi tapi dalemna te” enag gt tapi kalo yg satu cuma dalemna enag pi ga krispi ia…ne email sya..sya pgn bljar ma mbak..smiaji_puro@yahoo.com..mksh ia mbak..afwan ngrepotin

14 03 2011
indra

Mb, saya besok mau ada bazar, say mau nyoba resepnya mbak dehh.. :p
semoga berhasil… dan laku… hiks.. klo ga laku ya sedihh… T_T

25 03 2011
cellineputeri

mbak…harus selalu pake mixer ya..kalo pake kocokan manual bisa ga?trims..

28 03 2011
Dyah Rahmi

kyae ga terlalu repot deeh… mo nyoba aah… mksh

27 05 2011
ismail

ass…
bu sy dr makasar, tlg dong ajarin cara buat terang bulan mini! sb sy sama sekali nggak tau caranx alias nol, terus dimana sy bisa beli cetakannya? yg 4 atau 6 libang aja? atau bisakah sy pesan dengan ibu? sb di mksr susah alatnx, makasih yg lainya boleh bagi info dgn sy di 081245463022

29 05 2011
mamayo

caranya seperti yang di tulis di resep mbak, boleh pake cetakan apa aja kok, pake penggorengan teflon yang diameter 12 juga bisa.. cuma apinya mesti dijaga , biar nggak gosong bawahnya

15 06 2011
Muslih

bisa dibuat franchise itu mbak..

15 06 2011
Muslih

berai mencoba ciri orang sukses

15 06 2011
Muslih

berani mencoba ciri orang sukses

12 12 2011
Liza

salam kenal.,

tepung terigunya harus pakai tepung terigu segitiga ya bu kalo tepung terigu yang laen boleh kan? airnya pakai air mateng or air mentah bu?

waah,,,caranya mudah sekali bu bisa dibuat bikin usaha saya ni.
hehehehe,,,

tolong balesnya lewat email saja ya bu, kalo disini saya g pernah buka : leizaielf@gmail.com

o,ya kalo ada resep yang baru dan bahannya mudah dicari or terjangkau lewat email saja ya bu.

saya tunggu balesannya n terima kasih resep martabak mininya yang unyu banget. hehehehe,,, ^_^

12 01 2012
kristilia desi prawitasari

waowww…lihat resep ini kok tertarik…he.he..he…langsung aku beli timbangan harga 40 ribu…tak coba ahhhh….thx ya mbak…mudah2han berhasil dan enak…

1 03 2012
bagus rina

salam mbk,,,kpengen sich bikin tpi blum ada waktu yah mksh tas resep yah di tunggu tuk resep yang lain ya mbk,,,,

24 05 2012
afan

sdm apa mbaa?????

9 09 2012
yuli

mb…..makasih resepnya ya mb….barusan udah aku cobain dan rasanya maknyus…anak2pun pada suka…thanks sekali lagi ya mb…..

10 12 2013
Putra Kurniawan

kalau pake teflon bisa nggak

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 63 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: